KULIAH UMUM STMIK PRINGSEWU PARADIGMA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI


KULIAH UMUM – PARADIGMA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

DSC_0195
STMIK PRINGSEWU – Seiring dengan perkembangan, semua yang terjadi berlangsung secara cepat dan akurat. Dunia pendidikan tinggi kalau tidak bisa mengikuti irama ini akan jauh tertinggal. Karena itu sudah saatnya untuk diadakan perubahan paradigma pendidikan pada semua jenjang pendidikan dari pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi. Ucap Dr. H. Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., CA. saat memberikan kuliah umum mahasiswa-mahasiswi STMIK Pringsewu, Kamis (8/6).
Beliau menegaskan, pendidikan adalah upaya memanusiakan manusia, hal ini mengandung arti mempersiapkan manusia agar dapat hidup dizamannya dalam masyarakatnya secara utuh, baik sebagai makhluk individu ataupun makhluk sosial serta makhluk budaya yang beradab.
DSC_0196
Kinerja sebuah lembaga pendidikan harus bersifat dinamis, terus connect dan relevan dengan situasi riil lingkungan masyarakat, sehingga mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang adaptif menerima dan mampu menyesuaikan serta mengembangkan arus perubahan yang luas, persaingan yang keras dan perubahan yang cepat.
Terkait dengan hal tersebut maka fungsi dosen juga mengalami perubahan, dosen bukan pemberi kuliah dengan memberi ceramah sebagai transformator of knowledge, akan tetapi lebih berperan sebagai fasilitator partner in progressif, bahwa model perkuliahan di perguruan tinggi adalah: Transformatif yaitu proses perkuliahan dimana mahasiswa terlibat dalam proses perolehan ilmu dan proses menemukan jatidirinya. Model inquiry, dimana mahasiswa terlibat secara aktif dalam proses pencarian dan pengembangan ilmu.
Selanjutnya tujuan perkuliahan adalah menumbuhkembangkan gairah/semangat untuk pencarian dan pengembangan ilmu, bukan sekedar penguasaan bahan/materi kuliah. Mengajar di perguruan tinggi adalah mengajar orang dewasa, asumsi orang dewasa adalah perubahan dari ketergantungan menjadi kemandirian, memiliki banyak pengalaman sebagai sumber belajar, belajar ketika butuh/ perlu, belajar adalah proses pengembangan potensi dan kompetensi.

Komentar

Postingan Populer